Pages

Wednesday 9 December 2015

Bell's Palsy

Sebagai seorang yang aktif dalam beraktivitas khususnya bagi anda yang menggunakan kendaraan bermotor yakni sepeda motor untuk berangkat kerja maupun bepergian bersama keluarga, disini saya akan memberikan informasi terkait masalah kesehatan yang dapat terjadi pada pengedara sepeda motor. Bell's Palsy mungkin terdengar asing bagi orang awam namun beberapa dari anda mungkin pernah mengalaminya, Bells Palsy merupakan kelumpuhan saraf wajah (nervus fasialis), bersifat akut dan menimbulkan kelumpuhan pada salah satu sisi wajah. Berikut akan lebih jauh dibahas mengenai tanda/gejala dari bells palsy, penyebab, terapi dan angka kemungkinan sembuh.

Dok, kemarin setelah bepergian, kok wajah saya kaku satu sisi ya dok?
Ya, apakah anda bepergian menggunakan sepeda motor?apakah anda menggunakan helm yang tidak memenuhi standart, sehingga wajah anda terpapar angin yang kencang?atau mungkin anda seorang pegawai kantor yang sering terpapar AC maupun kipas angin? apabila iya, maka kemungkinan besar anda sedang mengalami kelumpuhan saraf wajah atau istilah medis yang lebih dikenal dengan bell's palsy. Tidak hanya faktor resiko seperti yang disebut diatas, bagi anda yang memiliki riwayat pernah sakit herpes, maka anda juga dapat mengalami kejadian ini. Bell's palsy sendiri memiliki beberapa gejala klinis diantaranya : 
1.Kelumpuhan akut pada salah satu sisi wajah bagian atas dan bawah (dalam periode 48jam)
2.Nyeri di belakang telinga
3.Nyeri di mata dengan kelopak mata tidak dapat menutup sempurna, maupun mata terasa kering,pedih
4.Gangguan mengecap
5.Rasa seperti tebal pada mulut/pipi
6.Ketika mengangkat alis,alis yang mengalami kelumpuhan tidak dapat diangkat
7.Hilangnya sudut mulut pada sisi yang mengalami kelumpuhan

Apabila gejala tersebut di atas berlangsung lebih dari 6-8 minggu maka dokter kemungkinan akan melakukan pemeriksaan pencitraan MRI kepala dan tengkorak, dalam kondisi tertentu dapat juga dilakukan pemeriksaan elektromiografi (EMG) otot wajah untuk memnentukan letak kelainan dan derajat keparahan kerusakan saraf wajah anda.

Mengapa penyakit ini dapat terjadi dok?Apakah ini termasuk stroke?
Penyakit ini terjadi akibat pembengkakan maupun kurangnya suplai darah pada saraf wajah anda sehingga terjadi penjepitan saraf pada saluran/kanal di wajah. Penyakit ini umumnya terjadi pada orang dewasa, penderita kencing manis, perempuan hamil, pasien dengan kekebalan tubuh yang rendah (imunokompromais). Tentu penyakit ini berbeda dengan stroke, stroke sendiri adalah gangguan aliran darah pada otak, dapat berupa penyempitan pembuluh darah, pecahnya pembuluh darah, maupun sumbatan pembuluh darah otak. Stroke sendiri memang memiliki gejala yang hampir sama dengan bells palsy, namun stroke biasanya akan disertai dengan kelumpuhan juga pada anggota gerak tubuh bisa tangan maupun kaki dan resikonya meningkat pada penderita dengan riwayat tekanan darah tinggi, lebih lengkap nanti akan dibahas mengenai penyakit stroke.

Apa yang harus saya lakukan ketika mengalami hal tersebut,dok?
Segera periksakan diri anda ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, setelah dilakukan tanya jawap dan pemeriksaan fisik yang relevan, dokter biasanya akan memberikan obat-obatan kortikosteroid dengan lama pengobatan kurang lebih 5 hari, pemberian antivirus juga dapat diberikan apabila dokter curiga kearah infeksi virus, maupun dapat juga diberikan tetes mata. Minumlah obat yang diberikan secara teratur dan patuhi saran yang diberikan oleh dokter anda.


Apakah penyakit ini berbahaya dokter?
Umumnya bells palsy bersifat akut, dapat kembali sempurna (reversibel) dengan tingkat kesembuhan yang baik, meskipun dilaporkan dapat terjadi kekambuhan pada sebagian penderita.

Sumber : KAPITA SELEKTA KEDOKTERAN UI EDISI IV,2014

No comments:

Post a Comment