Pages

Tuesday 8 December 2015

Demam Berdarah Dengue

Musim penghujan telah tiba,saatnya kita waspada akan penyakit tropis yang kerap melanda,salah satu penyakit yang perlu kita waspadai adalah demam berdarah dengue,merupakan infeksi virus oleh nyamuk aedes aegypti yang menyebabkan demam tinggi yang disertai dengan gejala perdarahan. Segera kenali gejala dari penyakit ini dari sekarang, agar tidak terlambat dalam menanganinya, karena komplikasi dari infeksi virus ini sampai dapat menyebabkan kematian.

Dok,hari ini saya merasa demam,mual muntah,lemas,nyeri di seluruh badan kenapa ya dok?
Ya,sejak kapan anda merasakan gejala tersebut? apakah kurang dari 1 minggu? jika iya, apakah pernah muncul ruam bintik merah pada kulit? apakah juga pernah tiba-tiba mimisan/gusi berdarah? jika terdapat gejala di atas segera periksakan diri anda ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, jangan menunggu hingga berhari-hari, karena biasanya pada hari ke 3 sampai hari ke 6 demam akan turun,seolah anda telah sembuh dari penyakit ini,tetapi padahal ini adalah fase kritis/bahaya karena dapat sampai pada kondisi syok perdarahan dan kerusakan organ. Kenalilah juga tanda bahaya dari infeksi demam berdarah yaitu : 1.Nyeri tekan perut 2.muntah persisten 3.perdarahan 4.tanda penumpukan cairan tubuh (ex.penumpukan cairan pada organ paru,sehingga penderita akan jatuh pada kondisi sesak napas) 5.lemah sampai penurunan kesadaran 6.pembesaran perut terutama organ hati 7.meningkatknya hasil pemeriksaan laboratorium darah lengkap yakni hematokrit dan menurunnya trombosit.

Mengapa infeksi ini dapat terjadi,dok?
Hal ini dapat terjadi karena virus dengue yang dibawa oleh nyamuk yang menggigit manusia, menginfeksi melalui pembuluh darah yang nantinya akan mempengaruhi faktor pembekuan darah, karena salah satu target organ yang diserang oleh virus ini adalah sumsum tulang yang merupakan penghasil darah, akibatnya terjadilah penurunan keping darah (trombosit) dalam darah.

Lalu bagaimana terapi dari penyakit ini,dok?
Salah satu terapi utama dalam mengatasi penyakit ini adalah mengganti cairan yang hilang akibat proses perdarahan yang terjadi, serta pemberian obat penurun panas dan tirah baring. Apabila sampai pada kasus kegawatan yaitu sampai terjadi penurunan kesadaran dan syok akibat perdarahan, maka pemberian tranfusi darah adalah sebagai terapi utama.

Bagaimana kita dapat terhindar dari penyakit ini,dok?
Pada prinsipnya adalah dengan memberantas penyebab dari infeksi virus ini,yakni nyamuk aedes, seperti yang kita tahu,banyak cara untuk memberantas maraknya pertumbuhan dari nyamuk ini, seperti contoh melakukan 3M PLUS (MENGUBUR barang bekas, MENGURAS genangan air, MENUTUP bak mandi, PLUS hindari gigitan nyamuk dengan menggunakan kelambu/memakai obat nyamuk), abatasisasi merupakan pemberian bubuk abate pada bak mandi yang kita gunakan,melakukan fogging tentunya melapor pada pihak terkait (perangkat desa) dalam hal ini biasanya dilakukan apabila telah terjadi 2 kasus positif demam berdarah.

Sumber : KAPITA SELEKTA KEDOKTERAN UI EDISI IV,2014

No comments:

Post a Comment