Pages

Sunday 6 December 2015

Diabetes Melitus

Dok,apa itu diabetes?

Diabetes Melitus (DM) atau yang biasa disebut penyakit kencing manis oleh orang awam,sepertinya sudah tidak asing lagi didengar,DM merupakan penyakit kelainan dari kerja hormon insulin yang terjadi bisa karena rusaknya hormon tersebut maupun tidak diproduksi dalam tubuh sehingga kadar gula dalam tubuh meningkat.

Apa itu insulin dok?
Insulin merupakan hormon utama yang berfungsi sebagai metabolisme gula dalam darah utamanya dalam membentuk energi untuk aktivitas sehari-hari,dalam hal ini insulin sendiri dihasilkan oleh organ pankreas di tubuh manusia,

Apakah saya berisiko terkena DM,dok?
Bagi anda,yang memiliki keturunan penyakit diabetes melitus,besar kemungkinan akan diturunkan,selain itu bagi anda yang merasa memiliki berat badan berlebih, utamanya pada pria dengan lingkar pinggang >90cm dan wanita >80cm ,merupakan salah satu faktor resiko terjadinya penyakit kencing manis.

Apa saja gejala yang mungkin timbul,dok?
Gejala yang ditimbulkan adalah apabila anda merasa badan semakin lemas,kesemutan,pandangan kabur,berat badan semakin turun tanpa sebab yang jelas,frekuensi buang air kecil meningkat,sering haus dan mudah lapar,silahkan anda periksakan diri anda pada fasilitas pelayanan kesehatan terdekat.

Apa saja yang nanti akan diperiksa,dok?

Nanti anda akan dilakukan pengecekan gula darah dengan cara di tusuk di ujung jari yang nantinya akan di deteksi melalui alat khusus pendeteksi gula darah (glukometer),tentunya prosedur ini akan dilakukan setelah dokter telah melakukan tanya jawab dan pemeriksaan fisik pada anda.

Terapi apa yang harus saya jalani ketika menderita DM, dok?
Terapi utama bagi penderita kencing manis ialah melakukan gaya hidup sehat, yang terdiri dari olahraga aerobik seperti joging,bersepeda santai,berenang dengan durasi 30menit setiap 4x dalam 1 minggu,selain itu juga pengaturan diet makanan yang disesuaikan dengan berat badan ideal anda.Tentunya setelah melakukan gaya hidup sehat namun ternyata tidak ada perbaikan gula darah,maka hal tersebut merupakan indikasi pemberian obat-obatan anti diabetes yang akan diberikan oleh dokter anda.

Setelah di terapi apakah bisa sembuh,dok?
Hingga saat ini diabetes melitus merupakan salah satu penyakit yang hanya bisa dikontrol dengan gaya hidup sehat maupun obat-obatan yang tidak dapat disembuhkan secara total. Rutinlah dalam memeriksakan diri anda untuk dilakukan pengecekan kadar gula darah dan apabila terdapat efek samping yang ditimbulkan obat segera hubungi dokter.

Apakah ada komplikasi berbahaya dari DM,dok?
Ya,tentu ada komplikasi yang dapat menyertai penyakit ini,diantaranya adalah resiko kelainan ginjal,gangguan penglihatan,gangguan saraf,sampai pada kondisi penurunan kesadaran,penyakit jantung koroner dan stroke. Hal ini dapat terjadi setelah menderita DM dalam kurun waktu lama dan tidak terkontrol.



Sumber : KAPITA SELEKTA KEDOKTERAN UI EDISI IV,2014

No comments:

Post a Comment