Pages

Friday 11 December 2015

Otitis Eksterna

Pernahkah anda mengira bahwa kebiasaan mengorek-ngorek telinga itu ternyata dapat menimbulkan penyakit? Pernahkah anda tahu bahwa terlalu sering berenang juga dapat menimbulkan penyakit pada telinga anda? Mungkin selama ini dalam benak anda, kotoran telinga adalah hal yang menjijikkan dan harus selalu dibersihkan, namun sebenarnya itu tidak sepenuhnya benar, mengapa? karena kotoran telinga atau disebut serumen sebenarnya merupakan lapisan pelindung liang telinga yang normalnya akan tetap diproduksi oleh telinga kita, serumen melindungi dari kuman maupun serangga yang masuk ke dalam telinga. Pada kesempatan kali ini akan dibahas mengenai penyakit liang telinga yang terjadi akibat beberapa faktor seperti yang saya sebutkan di atas.

Dok, saya terbiasa membersihkan telinga dengan cotton bud, sekarang telinga saya mengapa sakit ya dok?
Ya, sejak kapan anda mengalami hal tersebut? Lalu seberapa sering anda mengorek telinga? Apakah menggunakan cotton bud, atau mungkin benda tajam seperti jarum,jepit rambut,kuku jari? Apakah anda juga suka berenang?  Apakah telinga anda nyeri apabila di tarik? Apabila semua pertanyaan di atas jawabnya adalah hampir setiap hari saya korek, saya korek menggunakan kukujari dan memang suka berenang, maka hal tersebut adalah faktor pencetus dari penyakit telinga yang secara medis dinamakan "Otitis Eksterna". Penyakit ini merupakan radang akut pada liang telinga yang terjadi akibat infeksi bakteri, virus ataupun jamur. Mengorek telinga terlalu sering apalagi menggunakan benda tajam, justru akan memperparah kondisi infeksi yang terjadi. Selain dari faktor diatas otitis eksterna juga dapat timbul akibat perubahan kadar pH dalam liang telinga,pH telinga normalnya adalah normal/asam, apabila menjadi basa maka fungsi proteksi akan menurun dan mudah mengakibatkan infeksi. Selain itu adalah faktor iklim, kita hidup di Indonesia yang notabene memiliki keadaan udara yang hangat dan lembap, sehingga juga mempermudah tumbuhnya jamur dan kuman, faktor sempitnya liang telinga, pemakaian alat bantu dengar, sampai pada seseorang yang memiliki riwayat daibetes melitus mauapun kondisi imunokompromaise lainnya, juga merupakan faktor pencetus terjadinya penyakit ini. Gejalanya pun bervarian mulai dari nyeri tarik telinga, pendengaran berkurang, telinga keluar cairan, rasa gatal di liang telinga dan telinga terasa penuh.

Lalu saya harus bagaimana dok?Apakah otitis eksterna dapat disembuhkan?
Periksakan diri anda ke fasilitas pelayanan kesehatan terdekat, setelah dokter melakukan tanya jawap dan pemeriksaan fisik yang relevan, anda biasanya akan diberikan obat tetes telinga, salep, tampon antibiotik telinga, tergantung dari derajat penyakit yang timbul. Apabila ditemukan benjolan pada liang telinga anda kemungkinan dokter akan melakukan tindakan pembedahan ringan. Apabila patuh dengan penggunana obat maupun saran yang diberikan dokter, penyakit ini dapat disembuhkan dengan baik kecuali bila terdapat kecurigaan ke arah keganasan maupun pada kondisi imunokompromaise/sistem kekebalan tubuh yang menurun (ex. AIDS, Pengguna obat-obatan steroid, Diabetes melitus).

Bagaimana saya bisa terhindar dari penyakit ini, dok?
Hal yang paling mudah adalah dari kebiasaan mengorek telinga, jangan dilakukan menggunakan benda tajam, maupun dengan frekuensi yang sering. Kalaupun anda ingin membersihkan liang telinga, maka bersihkanlah menggunakan cotton bud yang di olesi dengan baby oil, itupun dalam membersihkannya harus perlahan, tidak terlalu dalam dan dengan frekuensi 2 minggu 1x. Apabila anda merasa pendengaran semakin menurun maka lebih baik anda segera memeriksakan diri anda ke dokter, jangan pernah mengorek telinga anda sendiri yang justru akan memperparah keadaan anda. Bagaiman dengan kebiasaan berenang? maka kurangilah frekuensi berenang anda, agar tidak mudah terjadi kekambuhan.

SUMBER : KAPITA SELEKTA KEDOKTERAN UI EDISI IV,2014

No comments:

Post a Comment